Pada dekade pertama ( tahun 1991 sampai 2000) SMA Negeri 2 Metro dikonsentrasikan kepada kwantitas dan kwalitas yang berusaha mengejar ketinggalan dan bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan di Propinsi Lampung khususnya dan diluar Lampung pada umumnya .
Ketahanan sekolah, pemberdayaan dan peningkatan Sumberdaya manusia Guru dan karyawan yang diiringi dengan peningkatan kesejahteraan menjadi landasan utama dalam melangkah ke depan sesuai dengan visi misi sekolah. Terwujudnya Sekolah Mandiri Berprestasi, Berpegang Teguh Budi Pekerti Berwawasan Informasi Teknologi.
Pada dekade kedua ( Tahun 2000 – 2010 ) SMA Negeri 2 Metro dengan modal dasar pencapaian pada dekade pertama selanjutnya mengkonsentrasikan diri kepada penguasaan teknologi informasi dalam menunjang peningkatan mutu pendidikan , dan meningkatkan mutu pelayanan sekolah dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam era global.
Secara Geografis SMA Negeri 2 Metro terletak dipinggiran Kota Metro yang berjarak 5 km dari pusat kota namun sangat mudah dijangkau dari pusat kota. Keadaan lingkungan yang tenang dan Asri sangat mendukung terlaksananya sekolah sebagai wawasan wiyata mandala.
Secara demografis, status pekerjaan orangtua/wali murid sangat heterogen namun dukungan terhadap program sekolah melalui wadah komite sekolah sangat optimal.
Mengingat visi merupakan tujuan jangka panjang maka tujuan yang akan dicapai selama empat tahun mendatang adalah:
1. Standar SKL
1) Tercapai rata-rata Nilai Ujian Nasional minimal 9,00
2) Teraih 20 kejuaraan bidang akademis dan 20 kejuaraan bidang nonakademis tingkat kota
3) Teraih 7 kejuaraan bidang akademis dan 7 kejuaraan bidang nonakademis tingkat regional dan nasional
4) terbekalinya siswa untuk mengembangkan minat, bakat dan prestasi melalui kegiatan ekstrakurikuler dan bina prestasi;
5) terwujud penampilan kesenian tradisional di media elektronik
2. Standar isi
1) terwujud kurikulum yang bermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter, dan peduli lingkungan.
2) Terwujud pengembangan silabus untuk semua mapel
3) Terwujud pengembangan RPP yang inovatif dan kolaboratif untuk semua mapel
3. Standar Proses
1) terlaksana proses pembelajaran bermuatan ketrampilan abad 21, literasi, berkarakter, dan peduli lingkungan.
2) terwujud proses pembelajaran dengan media yang inovatif
3) terwujud layanan bimbingan dan konseling secara optimal;
4) terwujud pemahaman prinsip dasar internet/intranet siswa dan menggunakannya untuk memperoleh informasi dan menyajikan informasi dengan memperhatikan etika dan undang-undang yang berlaku;
4. Standar Pendidik dan tenaga kependidikan
a. terwujud pendidik dan tenaga kependidikan yang professional
b. terwujud kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan optimal
c. terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan yang kratif, inovatif, dan berprestasi
5. Standar sarana prasarana
1) terwujud ruang belajar, ruang terbuka hijau, dan fasilitas pembelajaran sesuai rombel dan standar sarana dan prasarana pendidikan
2) terpeliharanya sarana dan prasana pendidikan dengan baik
6. Standar pengelolaan
1) terpenuhi standar pengelolaan/manajemen yang transparan, akuntabel, dan berkesinambungan
2) terpenuhi standar manajemen berakreditasi nasional
7. Standar pembiayaan
1) terwujud peningkatan sumber dana
2) terlaksana penggunaan dana yang proporsional dan transparan
3) terwujud pelaporan penggunaan dana yang akuntable
8. Standar penilaian
1) terlaksana penilaian autentik secara berkesinambungan.
2) terlaksana penilaian berbasis IT
3) terlaksana program perbaikan dan pengayaan secara optimal
9. Standar budaya dan lingkungan sekolah
1) terwujud lingkungan belajar yang kondusif
2) terwujudnya nilai –nilai karakter dalam kehidupan sehari