-

Songsong Indonesia Emas : Rohis Siapkan Calon Pemimpin Bangsa yang Smart, Nasionalis Dan Religius

20 Desember 2023
13:48:39 WIB

Dalam rangka menyambut Indonesia Emas yang digadang-gadang pada perayaan HUT RI ke-100 tahun yang bertepatan dengan tahun 2045, Rohis An Nahl bekerjasama dengan Forstar ( Forum Silaturahim Antar Rohis ) Kota Metro menyiapkan calon-calon pemimpin bangsa berkarakter smart, nasionalis dan religius, hal ini disampaikan oleh pembina Rohis An Nahl, SMA Negeri 2 Metro, Amar Fatkhalloh, S.Pd.I yang juga mewakili kepala SMA Negeri 2 Metro bapak Ali Kurniawan, S.HI., M.Pd dalam upacara pembukaan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Anggota Rohis se-Kota Metro pada Sabtu, 16 Desember 2023 di halaman SMA Negeri 2 Metro.

“Diklatstar ini dilaksanakan pada Sabtu-Ahad, 16-17 Desember 2023 dengan mengusung tema “Rise The Spirit, Rise The Leader”, diikuti oleh perwakilan Rohis Se-Kota Metro dan Lampung Tengah dengan jumlah peserta 100 orang baik putra maupun putri,” jelas ketua pelaksana kegiatan, Muhammad Ammar Syarif.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan format berkemah. Mereka tidur di dalam tenda, dan melaksanakan kegiatan secara outdoor kecuali 2 sesi materi yang dilakukan indoor. Adapun materi yang diberikan adalah Spirit Al Fatih to Be Great Leader oleh kak Amar Fatkhalloh, S.Pd.I yang juga pembina Rohis An Nahl. Adapun materi yang kedua Character Building dalam Team Work oleh kak Akhmad Jazuli, S.Sos.I seorang volunteer CSR BSI Lampung.

Selain kegiatan materi sambil diskusi dan simulasi, peserta juga diajak untuk ramah tamah, sharing session terkait kegiatan Rohis di sekolah masing-masing. Mereka tampak akrab dan bersahabat dengan satu sama lainnya, meskipun awalnya mereka tidak saling berkenalan sama sekali. Terlebih lagi saat mereka menampilkan kebolehan atraksi dari sekolah masing-masing di malam hari. Suasana sangat hangat dan seru diterangi dengan lampu-lampu yang terang dengan background Masjid Al Firdaus yang tampak megah dan mewah.

Dalam rangka mensuasanakan dan membiasakan kehidupan yang religius dan penuh dengan nilai-nilai spiritualisme, maka seluruh peserta dan panitia juga melaksanakan kegiatan pribadi maupun berjamaah seperti sholat berjamaah, sholat duha, sholat tahajud berjamaah, membaca al Quran berjamaah dan mandiri, membaca zikir pagi dan petang juga mendengarkan tausiyah setiap selesai sholat. “ Kami membagi tugas kepada setiap perwakilan Rohis sekolah masing-masing dengan tugas yang berbeda-beda. Mereka ada yang menjadi imam sholat, imam doa, muadzin, iqomah dan tausiyah. Hal ini dilakukan untuk melatih kepemimpinan mereka” tambah pembina Forstar, kak Doni Ardiansyah.

Kegiatan yang sangat seru ini sangat mendukung program pemerintah untuk menciptakana pelajar-pelajar dan generasi muda bangsa yang memiliki kecerdasan mumpuni, karakter baik dalam bingkai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Tentunya hal ini juga sangat membantu dan menyalurkan minat bakat mereka dalam bidang keagamaan dan lainnya. Selain itu, mereka akan terhindar dari kenakalan remaja.

Kegiatan Diklatsar ini ditutup dengan outbound bersama yang insighnya adalah membangun karakter kepemimpinan dan membangun karakter teamwork dalam berorganisasi. “ Saya senang sekali dalam kegiatan ini. Bahagia sekali, karena bisa berkenalan dengan teman-teman lain,” ujar Widiya, perwakilan dari Rohis An Nahl SMA Negeri 2 Metro. “ Semoga tahun depan masih bisa ikut lagi, tambahnya sambil tersenyum.”

Video Terkait:

Share

Google Search

Statistik Pengunjung
Pengunjung hari ini : 27
Total pengunjung : 412287
Hits hari ini : 168
Total Hits : 3897481
Pengunjung Online : 2

Artikel Terpopuler

WORKSHOP QUIPPER Hari ini Sabtu, 4

Berita Terpopuler

WORKSHOP QUIPPER Hari ini Sabtu, 4

Video Terpopuler

PENGAMBILAN NILAI SENI

Banner

//