-

Gelar Pesantren Manajemen Diri (Trendi) : Tingkatkan Kecerdasan Spirtual

17 April 2023
10:14:09 WIB

Metro-(13/04/2023) SMA Negeri 2 Metro gelar kegiatan Pesantren Kilat selama tiga hari dengan cover Pesantren Manajemen Diri (Trendi). Kegiatan tersebut dimulai pada Selasa 11 April 2023 hingga Kamis 13 April 2023. "Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan agar peserta didik memiliki pribadi yang religius, agamis dan dinamis," ujar Kezia Gita Setia, Ketua OSIS SMA Negeri 2 Metro.

Kegiatan ini diawali dengan ceremonial pembukaan Trendi 2023. Acara diisi dengan berbagai materi-materi tausiyah serta keagamaan. Pemateri yang digandeng dalam acara ini yakni mahasiswa IAIN Metro, UIN Raden Intan Lampung, juga Bapak/Ibu Guru juga ikut andil dalam mengisi materi Trendi dan yang telah dibagi setiap kelasnya. Di sela-sela acara tersebut peserta didik juga dibimbing untuk melaksanakan tilawah Al Quran bagi yang muslim, demikian pula bagi yang beragama Hindu dan Kristiani membaca kitab suci agama masing-masing dalam bimbingan guru masing-masing.

Baca Juga : SADADI 2023, Tumbuhkembangkan Kepedulian Sesama

Menurut ketua Rohis An Nahl SMA Negeri 2 Metro, Naufal Hafidz bahwa, "Sanlat yang kita gelar dengan cover Trendi agar teman-teman memiliki suasana berbeda. Karenanya materi dan kegiatanya didesain sedemikian rupa agar tidak membosankan."

“Meskipun demikian, masih banyak yang harus dievaluasi dari kegiatan ini. Ini adalah kegiatan offline perdana pasca pandemi dengan melibatkan kelas 10 dan 11. Biasanya, kami menggelar Trendi hanya untuk kelas 10 saja.” Tambahnya.

Baca Juga : Tingkatkan Tadarus Quran di Awal Belajar

“Alhamdulilah di SMA Negeri 2 Metro telah dilaksanakan acara Pesantren Manajemen Diri (Trendi) dengan tujuan meningkatkan kecerdasan spiritual kita semua, harapannya dengan adanya Trendi ini siswa-siswi SMA Negeri 2 Metro senantiasa lebih khusuk dalam melaksanakan ibadah Ramadhan dan menemukan banyak hikmah di bulan suci Ramadhan ini,” ujar Ali Kurniawan, S.H.I., M.Pd. selaku Kepala SMA Negeri 2 Metro.

Tidak hanya siswa-siswi yang beragama Muslim, siswa-siswi yang beragama nonmuslim pun melakukan kegiatan serupa. Mereka juga mendapat fasilitas yang sama dengan teman-teman yang beragama Muslim. Sanlat untuk Rohani Hindu dilaksanakan dengan kegiatan keagamaan seperti membaca kitab, dharma tula (diskusi tanya jawab), dan praktik membuat sarana prasarana dalam pelaksanaan ibadah. Sementara itu, Rohani Kristen dan Katolik juga melakukan kegiatan serupa yakni membaca kitab suci, berdialog tentang agama, dan kutbah. Momen ini menjadi wadah bagi mereka untuk bersilaturahmi.

Baca Juga : Gelar IHT IKM, Sambut IKM dengan Percaya Diri

Serangkaian acara Sanlat yang digelar di SMA Negeri 2 Metro ini berjalan dengan hikmad dan lancar. “Mohon doanya agar SMA Negeri 2 Metro bisa terus berkembang dan memiliki kualitas lebih baik lagi dan mampu membentuk karakter peserta didik yang cerdas emosional, cerdas ilmu pengetahuan, dan cerdas spiritual,” pungkas Ali Kurniawan, S.H.I., M.Pd. (Putu)

Video Terkait:

Share

Google Search

Statistik Pengunjung
Pengunjung hari ini : 20
Total pengunjung : 412280
Hits hari ini : 108
Total Hits : 3897421
Pengunjung Online : 2

Artikel Terpopuler

WORKSHOP QUIPPER Hari ini Sabtu, 4

Agenda

' JADWAL UJIAN MID SEMESTER GANJIL MENGIKUTI JAM PELAJARAN MASING-MASING MATA ...'

' Jumat, 5 Mei 2023 Kegiatan meningkatkan ...'

Berita Terpopuler

WORKSHOP QUIPPER Hari ini Sabtu, 4

Video Terpopuler

PENGAMBILAN NILAI SENI

Banner

//