-

Bentuk Relawan SI TARO : SMANDA Metro Wujudkan Generasi Tanpa Asap Rokok

01 Maret 2023
21:52:59 WIB
Metro-Rabu (01/03/2023), SMA Negeri 2 Metro kedatangan Tim Kesehatan dari Puskesmas Mulyojati dengan tujuan untuk melaksanakan sosialisasi “Gema Yoga PTM dan Gerak Si Taro.” Gema PTM (Gerakan Ayo Mencegah Penyakit Menular Seksual) dan Gerak Si Taro (Generasi Tanpa Asap Rokok” disampaikan langsung kepada siswa untuk mendukung rencana-rencana strategis pemerintah di bidang kesehatan. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan pembentukan relawan untuk menyukseskan program SI TARO di kalangan pelajar. Acara ini dihadiri langsung oleh Ibu Kepala Puskesmas Mulyojati Kota Metro, Irawesi Afif, S.ST, SKM.
 
 
Kegiatan yang dilakukan informal ini, disambut oleh Waka Humas, Amar Fatkhalloh, S.Pd.I yang mewakili Kepala SMA Negeri 2 Metro, Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd mengatakan sangat berterimakasih kepada puskesmas dengan adanya program ini demikian pula kepada seluruh siswa-siswi yang didaulat menjadi relawan SI TARO. " Pak Amar sangat berharap, anak-anak menjadi provokator kebaikan. Sebarkan kebaikan meskipun sedikit. Kebaikan kecilmu akan menyelamatkan jiwa manusia. Menyelamatkan satu jiwa, berarti menyelamatkan semua manusia. Membunuh satu jiwa sama saja membunuh semua jiwa manusia. Ayo menjad sebaik-baik manusia yaitu yang bermanfaat untuk orang lain." tegasnya.
 
 
Dalam kata sambutannya, kepala Puskesmas Mulyojati mengatakan bahwa, " penyumbang kematian terbesar adalah penyakit tidak menular seperti kanker paru yang disebabkan oleh rokok. Dan ternyata, penyumbang asap rokok terbesar adalah mereka yang usia 15 - 19 tahun. Tentunya ini adalah mereka yang berstatus pelajar dan mahasiswa."  

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa lingkungan sekolah adalah lingkungan yang harus bebas dari asap rokok. Para petugas Puskesmas menyampaikan informasi penting tersebut dengan cara yang mengasyikan, yakni Tidak boleh ada asap rokok atau kegiatan merokok di lingkungan sekolah. Hal ini bukan tanpa alasan, kegiatan merokok berpengaruh negative bagi kesehatan dan konsentrasi pelajar jika mengonsumsinya. 
 
Baca Juga :  PTS Genap Digelar Online

Tim petugas puskesmas yang hadir juga menjelaskan bahaya dari jenis-jenis rokok yang sekarang ini beredar. Contohnya rokok elektrik atau sering disebut vape. Disampaikan bahwa vape justru lebih berbahaya dibandingkan jenis rokok biasa yang dapat kita temui di warung-warung kecil. Melalui kegiatan ini, diharapkan para relawan yang terpilih bisa menyebarkan Gerakan SI TARO kepada teman sebayanya.
Share

Google Search

Statistik Pengunjung
Pengunjung hari ini : 88
Total pengunjung : 334207
Hits hari ini : 372
Total Hits : 3499396
Pengunjung Online : 2

Artikel Terpopuler

WORKSHOP QUIPPER Hari ini Sabtu, 4
Tribun Lampung, 24 Maret 2018   Perpustakaan

Agenda

' Pada minggu kedua, program yang akan dilaksanakan selanjutnya, yaitu Jumat ...'

' JADWAL UJIAN MID SEMESTER GANJIL MENGIKUTI JAM PELAJARAN MASING-MASING MATA ...'

Berita Terpopuler

WORKSHOP QUIPPER Hari ini Sabtu, 4
Tribun Lampung, 24 Maret 2018   Perpustakaan

Video Terpopuler

PENGAMBILAN NILAI SENI

Banner

//