-

MUTANT : Regenerasi Kepemimpinan Rohis

15 Januari 2024
22:03:23 WIB

Tiga kali palu diketuk oleh pimpinan sindang MUTANT XIII, Gerard kelas 10.8 menandai ditetapkannya Ketua Umum Terpilih sekaligus Ketua Tim Formatur Rohis An Nahl SMA Negeri 2 Metro Tahun Amanah 2024 pada Sabtu, 13 Januari 2024 bertepatan dengan 2 Rajab 1445 H di masjid Al Firdaus SMA Negeri 2 Metro tepat pukul 15.20 WIB.

Musyawarah Tahunan Anggota atau yang disingkat dengan MUTANT yang dilaksanakan oleh pengurus Rohis An Nahl SMA Negeri 2 Metro Tahun Amanah 2023 ini merupakan yang ke-13 kalinya. “Artinya, usia Rohis An Nahl juga telah mencapai 13 tahun”, kata pembina Rohis An Nahl, Amar Fatkhalloh.

Mengambil kata MUTANT ini dimaksudkan agar lebih mendekati istilah-istilah anak-anak milenial, yang harapannya mereka dapat menerima sesuai dengan bahasa zamannya. “Kegiatan MUTANT ini dilaksanakan selama sehari saja dari pukul 08.30 sampai dengan 15.30 WIB dengan 5 kali sidang pleno dengan berbagai agenda sidang”, terang ketua pelaksana kegiatan, Ar Rauf.

Baca Juga : Ambalan : Lantik 19 Bantara Baru

Ketua Umum Tahun Amanah 2023 yang didemisionerkan dalam MUTANT XIII ini, Naufal Hafidz mengatakan bahwa, “ada generasi-generasi yang memiliki kekuatan luar biasa yang keluar dari dirinya sendiri karena mereka bisa menemukan kekuatannya dan kemudian mengoptimalkannya demi kebaikan bersama,” jelasnya saat memberikan kata sambutan dengan menyitir kisah film Pokemon. “Saya berharap itu kalian semua”, tambahnya.

Amar Fatkhalloh, S.Pdi, selaku pembina Rohis An Nahl, menjelaskan dalam arahannya bahwa organisasi yang sehat adalah organisasi yang bisa melakukan regenerasi, selayaknya pohon yang tidak pernah berhenti untuk tumbuh dan digantikan oleh penerusnya. Bahkan, organisasi yang sehat adalah organisasi yang selalu dinamis, terbuka dengan kritik dan saran, selalu mendahulukan musyawarah dan kepentingan bersama dan menghargai perbedaan serta berkolaborasi dalam melengkapi kekurangannya.

Baca Juga : Jambore Rohis, Siap Lahirkan Pemimpin Masa Depan

Beliau melanjutkan, “sengaja kegiatan ini kita desain dengan format sidang layaknya di gedung dewan atau di dunia mahasiswa, agar mereka setidaknya tahu dan tidak kaget, saat mereka kelak menjadi pemimpin besar di panggung nasional bahkan dunia. Wajar, jika masih ada kekurangan, namun alhamdulillah, saya liat mereka cepat beradaptasi. Keren deh, mereka.”

Dalam MUTAN XIII ini dilakukan juga paparan Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum ( Naufal Hafidz, 12.IPA.1) yang dilanjutkan oleh masing-masing BPH diantaranya Sekum ( Ayu Retno, XII.IPA.3 ), Bendum ( Nastiti Handayani, 12.IPA.2) , Kabid Pembinaan Anggota (BPA) Anggung Rizkiana ( 12.IPA.4, Kabid Keputrian (Bika) Amanda Istiqomah ( 12.IPA.4), Kabid Informasi dan Komunikas (Binkom, Nurul Fauziah, 12.IPA.5 ), dan Kabid Dana Usaha (Danus), Asti Sayyidati, 12.IPA.5. Masing-masing menyampaikan LPJ yang berisi kegiatan yang telah dilaksanakan dan capaian-capaian yang dilakukan serta progja-progja yang belum terlaksana serta kendalanya dan tak lupa memberikan rekomendasi bagi kepengurusan yang akan datang.

Kemudian dalam proses pemilihan ketua Umum dilakukan dengan cara musyawarah untuk mufakat. Calon ketua umum adalah mereka-mereka yang telah lulus seleksi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh sidang. Dan terpilihlah 3 nama yaitu Rifqi Martian, Jannan Aulia dan Luthfia yang semuanya adalah kelas XI. Ketiga calon ini kemudian keluar ruangan, dan kemudian seluruh peserta sidang melakukan musyawarah untuk mufakat menentukan siapakah yang layak dan tepat untuk menjadi pemimpin Rohis. Semua peserta mengungkapkan positif dan negatif dari ketiga calon tanpa didengar oleh calon tersebut. Yang pada akhirnya, setelah alot dalam bermusyarah, diputuskan bahwa Calon ketua Umum yang ditetapkan adalah Rifqy Martian kelas XI.IPA.1.

Maka, setelah rapat musyarawarah selesai, dipanggilah mereka ke dalam ruangan untuk kemudian, Pimpinan Sidang membacakan Surat Keputusan tentang terpilihnya Rifqy Martian sebagai Ketua Umum terpilih Tahun Amanah 2024.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, semoga Allah memberikan kekutan kepada saya untuk membawa gerbong Rohis ini. Semoga Allah selalu menguatkan pundak saya dan menolong saya. Siapalah saya, saya tiada artinya jika tiada orang-orang hebat di sekitar saya.” Ungkapnya merendah sambil tersenyum has sambil disalami oleh teman-teman dan peserta sidang yang putra.

Selamat berjuang bro Rifqy….

Video Terkait:

Share

Google Search

Statistik Pengunjung
Pengunjung hari ini : 31
Total pengunjung : 406192
Hits hari ini : 106
Total Hits : 3871036
Pengunjung Online : 2

Artikel Terpopuler

WORKSHOP QUIPPER Hari ini Sabtu, 4
Tribun Lampung, 24 Maret 2018   Perpustakaan

Berita Terpopuler

WORKSHOP QUIPPER Hari ini Sabtu, 4
Tribun Lampung, 24 Maret 2018   Perpustakaan

Video Terpopuler

PENGAMBILAN NILAI SENI

Banner

//